BREAKING NEWS :
Loading...
Headlines News :
Home » » Mahasiswa Jayawijaya Tegas Menolak Rencana Pembangunan Pabrik Semen di Wamena

Mahasiswa Jayawijaya Tegas Menolak Rencana Pembangunan Pabrik Semen di Wamena

Written By dahil on Jumat, 26 Juni 2020 | Juni 26, 2020

Mahasiswa Jayawijaya di Jayapura. (Hendrik Rewapatara - SP)


JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Himpunan Pelajar Mahasiswa Jayawijaya (HIPMAJA) tegas menolak rencana pembangunan pabrik semen di Wilayah Kabupaten Jayawijaya.
“Kami melihat pembangunan pabrik semen yang di pusatkan di Papua khususnya Jayawijaya dilihat dari sisi negatif dan positifnya tidak layak, karena akan merusak kekayaan alam yang ada di Jayawijaya,” kata Elius Wenda, Wakil Ketua I HIPMAJA di Asrama Nayak I di Kamkey Abepura, kota Jayapura, Kamis (25/6/2020)
Selain itu ia mengatakan, dampak lain adalah sungai-sungai akan tercemar, terutama karena luas wilayah kota Wamena yang kecil. Kehadiran pabrik juga akan berdampak negatif bagi masyarakat Jayawijaya.
Namun rencana tersebut katanya, telah direstui oleh pihak DPRP Papua di Komisis VI. Sementara DPRD Jayawijaya menolak rencana itu.
Oleh sebab itu, pihaknya desak kepada Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua dan DPRD Jayawijaya agar segera menolak rencana itu.
“DPR Papua maupun Jayawijaya harus tegas. Pemerintah serta DPR Papua harus mempertimbangakan kembali. Untuk itu dengan tegas kami Himpunan Mahasiswa Jayawijaya di Jayapura menolak untuk tidak membuka pabrik semen tersebut di Jayawijaya.”
Demi Daby menjelaskan bahwa sebenarnya rencana pembangunan pabrik semen ini sudah mengemuka pada tahun 2012. Maka mahasiswa pernah melakukan penolakan. Hal itu bagian dari dukungan pihaknya terhadap masyarakat yang akan mengalami dampak pabrik itu.
“Namun hingga tahun 2020 ini baru bisa direalisasi. Namun tua adat serta DPR di Jayawijaya menolak,” kata Daby.
Oleh sebab itu mahasiswa Jayawijaya di Jayapura menolak rencana pembangunan pabrik semen itu di wilayah kota Wamena.

Sumber: suarapapua
Share this post :
 
Support : Creating Website | Dahil News Template | Mas Template
Copyright © 2021. Dahil News - All Rights Reserved